WELCOME TO "JASMERAH BLOG"

Sabtu, 03 Oktober 2009

Revitalisasi Be - K - Be ( 2 )

Miris, Keaslian BKB Cuma Tersisa 10 Persen Saja
Sriwijaya Post - 29 Desember 2008

PALEMBANG, SENIN - Pemindahan (relokasi) bangunan di sekitar Benteng Kuto Besak (BKB) dan juga dibagian dalamnya sudah sangat mendesak. Sekitar 90 persen bagian dari BKB yang ada kini sudah bukan bagian yang asli dari bangunan tersebut. Bangunan yang ada tidak sejaman dengan bagian dinding benteng yang masih tersisa.

Yang lebih memiriskan lagi, ternyata BKB yang berada di tepian Sungai Musi, Palembang ternyata tidak masuk dalam daftar benteng yang ada di Indonesia berdasarkan brosur yang dikeluarkan oleh Departemen Pariwisata dan Kebudayaan RI. Padahal BKB merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang dibangun oleh putra daerah. Sedangkan benteng yang lain dibangun oleh bangsa yang pernah menjajah Indonesia, seperti Portugis, Belanda dan Inggris.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dosen IAIN Raden Fatah Palembang, Kemas Rachman Panji atau Kemas Ari yang menjadi salah satu pembicara dalam sarasehan budaya Membangun Indonesia dengan Pelestarian Aset Perjuangan Benteng Kuto Besak.

"Sekarang juga relokasi itu diperlukan sehingga 10 persen bagian BKB yang tersisa tidak semakin hilang," ujar Ari, Sabtu (27/12).

Dikatakan bahwa dari empat keraton yang pernah berdiri dimasa Kesultanan Palembang Darussalam, ternyata tinggal BKB yang masih berdiri. Sedangkan keraton lain seperti Kuto Kecik dan sebagainya sudah hilang.
Soegeng Haryadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar