SYA’IR PERANG MENTENG (1)
- Penelitian Fisik Syaír
Syaír Perang Menteng diterjemah oleh Dr. M.O.Woelders, syaír tersebut memiliki 260 bait. Setiap syaír memilki empat baris, jika dijumlahkan seluruh baris dalam syair perang menteng maka akan berjumlah 1040 baris. Di mulai dari halaman 161-197. Dalam penulisan kata sya’ir ada perbedaan, penulisan kata sya’ir pada sampul tertulis “Syair” sedangkan pada judul Sya’ir Perang Menteng tertulis “Sya’ir”.
Dua baris pertama merupakan sampiran, dan dua baris berikutnya merupakan isi atau maksud sya’ir. Sajak dalam sya’ir didominasi menggunakan sajak “aa”, ada lima sya’ ir yang tidak memenuhi sajak “aa”, tetapi jika dilapaskan maka akhir dari bait tersebut akan melahirkan sajak “aa”, lihat sya’ir no 8, 41, 95, 197, dan 254.
Dalam sya’ir perang menteng banyak menggunakan majas perumpamaan. Terjamahan sya’ir perang menteng yang ditulis oleh Dr. M. O. Woelders ditranterasikan langsung tanpa melakukan perubahan ke dalam bahasa Indonesia yang disempurnakan. Jika dilihat kosakata dalam kalimat-kalimat sya’ir, maka dapat kita simpulkan bahwa sya’ir perang menteng menggunakan bahasa Arab-Melayu.
Awal huruf pada baris pertama juga didominasi huruf mati berjumlah 239 sya’ir lihatsya’ir no:
1,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,28,29,30,31,33,34,35,36,37,38,39,41,42,44,45,46,47,48,49,50,51,52,53,54,55,56,57,58,59,60,61,62,63,64,65,66,67,68,69,70,74,75,76,77,78,79,80,81,82,83,84,85,86,87,88,89,90,91,92,93,94,95,96,97,98,99,100,101,102,103,104,105,106,107,108,109,110,111,112,113,114,115,116,117,118,119,120,122,123,124,125,126,127,128,129,130,131,132,133,134,135,136,137,138,139,140,141,142,143,144,145,146,147,148,149,150,151,152,153,155,156,157,158,159,160,161,162,163,164,165,166,167,168,169,170,171,172,173,174,175,176,177,178,179,180,181,182,183,184,185,186,187,188,189,190,191,192,193,194,195,196,197,198,199,201,202,203,204,206,307,208,209,210,211,213,215,216,217,218,220,222,223,224,225,226,227,228,229,230,231,232,233,234,235,237,238,239,241,242,243,244,245,246,247,249,250,251,252,253,254,256,257,258,259,260 dan hanya dua puluh satu sya’ir yang huruf awal pada baris pertama menggunakan huruf vokal (huruf hidup) lihat sya’ir no 2, 27, 32, 40, 43, 71,72, 73, 121, 146, 154, 200, 205, 212, 214, 219, 221, 236, 240, 248, dan 255.
Sajak “aa” yang berakhiran dengan huruf mati berjumlah 100 bait, terdiri dari:
huruf G = 27 bait, lihat syai’ir no 13, 18, 37, 43, 59, 79, 90, 92, 93, 98, 100, 108, 123, 128, 134, 138, 140, 152, 154, 158, 181, 189, 206,242,256, 258, 260.
Huruf N = 24 bait, lihat sya’ir no11,53, 61,66, 76, 78, 85, 110, 117, 141, 142, 147, 165, 191, 192, 193, 199, 209, 211, 215, 223, 229, 259.
Huruf T = 9 bait, lihat sya’ir no 35, 75, 119, 120, 133, 184, 225, 227, 249.
Huruf H = 14 bait, lihat sya’ir no 47, 71, 94, 111, 121, 135, 144, 145, 146, 148, 149, 161, 216, 230.
Huruf R = 16 bait, lihat sya’ir no 15, 64, 89, 87, 88, 97, 127, 131, 136, 139, 162, 169, 190, 201, 222, 247.
Huruf M = 6 bait, lihat sya’ir no57, 65, 160, 186, 195, 233.
Huruf S = 2 bait, lihat sya’ir no 51, 155.
Huruf K = 1 bait, lihat Sya’ir no 178.
Huruf P = 1 bait, lihat Sya’ir no 9
Sebanyak 155 bait yang bersajak “aa” yang diakhiri dengan huruf hidup (vokal), terdiri dari tiga huruf yaitu:
Huruf A = 89 bait, lihat sya’ir no 1, 2, 3, 4, 5, 7, 16, 21, 23, 25, 26,27, 29,32, 34, 39, 45, 48, 52, 55, 58, 62, 63, 67, 68, 69, 70, 72, 81, 82, 84, 89, 99, 101, 109, 112, 113, 114, 115, 118, 124, 126, 129, 130, 132, 137, 143, 150, 151, 153, 157, 159, 163, 164, 166, 170, 171, 172, 175, 176, 177, 180, 183, 187, 188, 194, 205, 207, 208, 210, 213, 214, 218, 220, 226, 228, 231, 237, 238, 239, 240, 241, 243, 246, 248, 250, 252, 255, 257.
Huruf I =56 bait, lihat syair no,6, 12, 14, 17, 19, 20, 22, 30, 31, 33, 36, 38, 40, 42, 44, 46, 49, 50, 54, 56, 60, 73, 74, 77, 83, 86, 91, 96, 102, 103, 104, 106, 107, 116, 122, 125, 156, 167, 168, 173, 174, 182, 185, 196, 200, 202, 203, 204, 212, 219, 221, 224, 236, 244, 245, 251.
Huruf U = 10 bait, lihat sya’ir no 10, 24, 28, 105, 179, 198, 217, 234, 235, 253.
Perlu diingat dalam perhitungan ini, lima bait yang lapasnya berakhiran dengan sajak “aa”, tidak dihitung. Alasannya karena, di sini tidak menghitung pengucapan (lapas) melainkan penulisan huruf. Akan tetapi terdapat tiga tipe sajak yang dimaksud:
Huruf A+H = 2 bait, lihat sya’ir no 8, 254.
Huruf U+H = 1 bait, lihat bait no, 4.
Huruf T+D = 2 bait, lihat sya’ir no 95, 197.
Dapat juga kita ketemukan bahwa awal kalimat pada baris pertama pada 259 bait didominasi menggunakan huruf kapital, tetapi pada sya’ir no 12 tidak menggunakan huruf kapital. Kemudian sya’ir yang mencantumkan keterangan waktu dapat ditemukan pada lima bait. Lihat sya’ir no 10, 91, 145, 219 dan 257.
Pada Sya’ir Perang Menteng, ditemukan penekanan –penekanan pada kata-kata tertentu, dengan maksud dan tujuan tertentu seperti: kata ménténg, pangéran, témpo dan lain-lain.
Kebanyakkan Syaír Perang Menteng berisikan tentang perlawanan masyarakat Melayu dan jihad melawan pasukkan Holanda (Belanda). Selain berisikan tentang perlawanan dan jihad fi sabilillah, sya’ir perang menteng juga berisikan nasehat agama, dan sya’ir tentang nasehat tersebut dapat ditemukan pada tujuh sya’ir. Lihat sya’ir no 34, 119,120, 121,122, 213 dan 214.
No | Huruf Awal | No | Huruf Awal | No | Huruf Awal | No | Huruf Awal |
1 | | 66 | | 105 | | 156 | |
2 | | 67 | | 106 | | 157 | |
3 | | 68 | | 107 | | 158 | |
4 | | 69 | | 108 | | 159 | |
5 | | 70 | | 109 | | 160 | |
6 | | 71 | | 110 | | 161 | |
7 | | 72 | | 111 | | 162 | |
8 | | 73 | | 112 | | 163 | |
9 | | 74 | | 113 | | 164 | |
10 | | 75 | | 114 | | 165 | |
11 | | 76 | | 115 | | 166 | |
12 | | 77 | | 116 | | 167 | |
13 | | 78 | | 117 | | 168 | |
14 | | 79 | | 119 | | 169 | |
15 | | 80 | | 118 | | 169 | |
16 | | 81 | | 119 | | 170 | |
17 | | 82 | | 120 | | 178 | |
18 | | 83 | | 121 | | 179 | |
19 | | 84 | | 122 | | 180 | |
20 | | 85 | | 123 | | 181 | |
21 | | 86 | | 124 | | 182 | |
22 | | 87 | | 125 | | 183 | |
23 | | 88 | | 126 | | 184 | |
24 | | 89 | | 127 | | 185 | |
25 | | 90 | | 128 | | 186 | |
26 | | 91 | | 129 | | 187 | |
27 | | 92 | | 130 | | 188 | |
28 | | 93 | | 131 | | 189 | |
29 | | 94 | | 132 | | 190 | |
30 | | 95 | | 133 | | 191 | |
31 | | 96 | | 134 | | 192 | |
32 | | 97 | | 135 | | 193 | |
33 | | 98 | | 136 | | 194 | |
34 | | 99 | | 137 | | 194 | |
35 | | 100 | | 138 | | 196 | |
36 | | 101 | | 139 | | 197 | |
37 | | 102 | | 140 | | 198 | |
38 | | 103 | | 141 | | 199 | |
39 | | 104 | | 142 | | 200 | |
40 | | 105 | | 143 | | 201 | |
41 | | 106 | | 144 | | 202 | |
42 | | 107 | | 145 | | 203 | |
43 | | 108 | | 146 | | 204 | |
44 | | 109 | | 147 | | 205 | |
45 | | 110 | | 148 | | 206 | |
46 | | 111 | | 149 | | 207 | |
47 | | 112 | | 150 | | 208 | |
48 | | 113 | | 151 | | 209 | |
49 | | 114 | | 152 | | 210 | |
50 | | 115 | | 153 | | 212 | |
51 | | 116 | | 154 | | 213 | |
52 | | 117 | | 155 | | 214 | |
53 | | 118 | | | | 215 | |
54 | | 119 | | | | 216 | |
55 | | 120 | | | | 217 | |
56 | | 121 | | | | 218 | |
57 | | 122 | | | | 219 | |
58 | | 123 | | | | 220 | |
60 | | 124 | | | | 221 | |
61 | | 125 | | | | 222 | |
62 | | 126 | | | | 223 | |
63 | | 127 | | | | 224 | |
64 | | 128 | | | | 225 | |
65 | | 129 | | | | 226 | |
| | 130 | | | | 227 | |
| | | | | | | |
- Pen106elitian Isi dan Makna Sya’ir215
Secara umum, syaír perang menteng terbagi ke dalam tiga bagian utama yaitu:
- Pembukaan, pada pembukaan Sya’ir Perang Menteng berisikan awal petaka atau sebab-sebab petaka dan munculnya peperangan awal.
- Isi, pada bagian isi, Syair Perang Menteng banyak dipenuhi oleh perlawanan masyarakat melawan pasukkan Holanda.
- Penutup, bagian penutup pada Sya’ir Perang Menteng beisikan penutup cerita dari perang menteng dan permohonan maaf penulis.
Sya’ir Perang Menteng bercerita dengan menggunakan alur/plot campuran. Kronologis cerita Sya’ir Perang Menteng menceritakan perlawanan masyarakat melayu melawan pasukan Holanda. Tempat kejadian peristiwa Perang Menteng berada di tanah Melayu (khususnya tanah Sumatera Bagian Selatan dan tanah Bangka-Belitung), akan tetapi peristiwa ini lebih dikenal di Palembang.
Dalam Sya’ir Perang Menteng, dapat ditemukan beberapa tokoh, baik itu tokoh utama maupun tokoh antagonis. Secara global tokoh utama dalam Sya’ir Perang Mentang ini terbagi ke dalam empat golongan utama:
- Para penguasa ( seperti, raja, pangeran, patik dan lain-lain)
- Pemuka masyarakat
- Tokoh agama
- Rakyat
Sama halnya dengan tokoh utama, tokoh antagonis dalam Sya’ir Perang Menteng dapat dijelaskan secara rinci sebagai berikut:
1. Pangeran Muhammad
2. Raja akil
3. Idelir Menteng Holanda
4. Opsir Holanda
5. Kornel Bakar
Pada bagian isi Sya’ir Perang Menteng, sya’ir-sya’irnya begitu bermakna. Satu sya’ir dengan sya’ir-sya’ir yang lainnya saling bertautan satu dengan yang lainnya. Sehingga, apabila salah satu sya’ir dihilangkan maka makna sya’ir akan menjadi rancu dan kehilangan bentuk cerita.
Ø Pembukaan Sya’ir Perang Menteng
Penjelasan tentang pembukaan dan penyebab terjadinya Perang Menteng dapat kita baca pada sya’ir no 1 sampai dengan 5. Syair no 6 sampai dengan 9 berceritakan tentang persiapan masyarakat, para penguasa, pemuka masyarakat, tokoh agama untuk melawan pasukkan Holanda. Pada sya’ir no 10 berisikan tanggal peperangan terjadi, atau dimulainya peperangan melawan pasukkan Holanda.
Ø Isi Syaír Perang Menteng
Sya’ir no 11 sampai dengan 256 berisikan perlawanan terhadap pasukkan Holanda. Dalam sya’ir tersebut terdapat beberapa tokoh perjuangan melawan pasukkan Holanda dan peristiwa penting lainnya.
Sya’ir no 11-22, tokoh perlawanan adalah : Haji Zain, Haji Jauhari dan Haji Ratib.
Sya’ir no 23-26, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Prabukesuma.
Sya’ir no 27-34, tokoh perlawanan adalah : Putera Duli Baginda.
Sya’ir no 35-40, tokoh perlawanan adalah : Rangga Satyagati
Sya ír no 41-47, tokoh perlawanan adalah : Kemas Said.
Sya’ir no 48-65, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Natagama
Sya’ir no 66-79,tokoh perlawanan adalah : Haji Bustam, Pangeran Kramayuda, Kramadiraja Pangeran Jauhari, dan Demang Wiratenaya.
Sya’ir no 80-86, tokoh perlawanan adalah : Temenggung Haji dan raja Mansyur
Sya’ir no 87-92, tokoh perlawanan adalah : Sultan Ratu
Sya’ir no 93-101, tokoh perlawanan adalah : Sayyid Zain dan Temenggung Astrawijaya.
Sya’ir no 102-110, tokoh perlawanan adalah : Citrawijaya
Sya’ir no 111-124, tokoh perlawanan adalah : Khatib Muhammad Saleh, Pangeran Puspawijaya, Pangeran Wirasentika, Pangeran Wiradiwangsa, Pangeran Puspadiraja, Haji Abdurrahim dan Haji Mas’ud.
Sya’ir no 125-128, tokoh perlawanan adalah : Rangga Darpacita.
Sya’ir no129-138, tokoh perlawanan adalah : Temenggung Citradita, dan Pangeran Citrawijaya.
Sya’ir no 139-143, “berisikan upaya perdamaian yang dilakukan oleh pihak Holanda kepada Paduka Nenda.”
Sya’ir no 144-145, “berisikan pengusiran pasukan Holanda ke negeri Mentok dan waktu pengusiran.”
Sya’ir no 146-155, tokoh perlawanan adalah : Orang Benteng dan Pangeran Puspadiraja.
Sya’ir no 156-163, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Puspakrama
Sya’ir no 164-170, tokoh perlawanan adalah : Sutadiwangsa dan Sumawijaya
Sya’ir no 171-184, Bercerita tentang keagungan tokoh perlawanan melawan pasukan Holanda: Rangga Darpacita, Pangeran Astrawijaya, Rangga Satyagati, Pangeran Suradilaga, Pangeran Sutakesuma, pangeran Wirakesuma.
Sya’ir no 185-189, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Bupati dan Pangeran Natadiwangsa.
Sya’ir no 190-201, tokoh perlawanan adalah : Temenggung Haji, Syaikh Kutub al-Salwan, Sayyid Abdulrahman, Sayyid Husin, Sayyid Akil Muhammad dan Sayyid Ahmad bin Ali
Sya’ir no 202-210, tokoh perlawanan adalah : Hulubalang Raja Basturi.
Sya’ir no 211-223, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Dipati, Raja Akil Arif, Pangeran Bupati dan Puspadilaga.
Sya’ir no 224-233, berisikan sebuah kisah atau peristiwa yang sangat singakat tentang suatu peristiwa besar seperti: peristiwa perlawanan di Pulau Bayak, Selat Jaran, muslihat pasukkan Holanda dengan mengirim utusan yang bernama si Gangsa dengan membawa surat perdamaian. Penolakkan surat dari pihak Holanda dan persiapan untuk perang melawan pasukan Holanda.
Sya’ir no 234-240, tokoh perlawanan adalah : Pangeran Bupati Pangeran Dipati Muda, Pangeran Kramadiraja, Pangeran Puspadiraja, Pangeran Kramadilaga dan Demang Jayateruna.
Sya’ir no 241-249, tokoh perlawanan adalah : pangeran Bupati dan Sayyid al-Basyar
Ø Penutup Sya’ir Perang Menteng
Pada bagian penutup Sya’ir Perang Menteng terbagi dalam dua bagian yaitu;
- Sya’ir no 250-256, berisikan akhir dari perang menteng.
- Sya’ir no 257-260, berisikan akhir dari penulisan Sya’ir perang menteng dan ucapan permohonan maaf penulisan dalam pembuat sya’irnya.