WELCOME TO "JASMERAH BLOG"

Jumat, 02 Oktober 2009

Kemas adalah Gelar Tertua di Kerajaan Palembang

Sebagian sejarawan percaya bahwa Kemas adalah gelar tertua di kerajaan Palembang sebelum terbentuknya Kesultanan Palembang Darussalam, karena pada saat itu "ELITE" di Kuto Gawang pada awalnya hanya memakai gelar Ki, inilah satu-satunya gelar yang dipakai. Untuk pemimpinnya Ki Suro, dipergunakan gelar yang menunjukkan martabatnya, yaitu Gede, maka gelarnya adalah Ki Gede ing Suro. Adapun gelar yang dipakai pertama kali oleh Pangeran Tranggana dari Demak adalah Ki Mas Palembang. Ki Mas(lidah Palembang menyebutnya Kemas) adalah gelar tertua dan tentunya penyandang gelar ini, kalau boleh disamakan dengan “jurai tua”, dalam garis adat yang bersifat genealogis dan teritorial dipedalaman(Pasemah dan lainnya).

Pada masa Kuto Gawang tidak dikenal gelar Raden. Bahkan Kemas Endi sebagai prolamator Kesultanan Palembang Darussalam, masih menggunakan gelar Kemas. Dia adalah pemegang gelar Sultan yang pertama, kemudian dia jadi Begawan dengan gelar Susuhunan. Gelar-gelar ini dipakainya dalam upaya Palembang mensetarakan dirinya dengan Mataram. Kalau pertama kali Palembang adalah tabu dan barangkali takut kualat memakai gelar Sultan, karena Mataram (Sultan Agung) mempergunakan gelar Sultan. Setelah Palembang diremehkan bahkan dihina oleh Mataram, maka Palembang tidak lagi berorientasi ke Mataram dan mencari identitas dirinya sebagai Melayu-Jawa.

Masih belum jelas apakah diakhir-akhir masa Kuto Gawang, gelar Ki-Bagus(Kiagus) dan Mas-Bagus(Masagus) telah ada. Di Keraton Banten ada gelar Ratu Bagus(Tubagus), demikian pula di Keraton Jambi ada Kemas dan Raden. Keraton Banten dan Keraton Jambi adalah juga keraton Jawa diluar Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar